- Writeln
Writeln
digunakan untuk manmpilkan informasi ke layar. Writeln juga dapat menerima
argumen bertipe data dasar (real, integer) dan bahkan string. Contoh :
Writeln(5.5); {tipe data real}
Writeln(67); {tipe data integer}
Wrriteln(false); {tipe data boolean}
Writeln(‘K’); {tipe data Char}
Writeln(‘Saya belajar pascal’) {tipe data string}
- Write
Fungsi dari perintah write sama
dengan perintah writeln, perbedaan perintah write dan writeln adalah letak
kursor setelah text ditampilkan ke layar atau penambahan LF (linefeed) dan CR (Carriage Return). Jika menggunakan perintah write, setelah text
tampil dilayar maka kursor akan terletak dikanan text. Tetapi, perintah writeln
akan meletakkan kursor dibawah text yang ditampilkan.
Contoh :
Program
Contoh_Write;
Uses
Crt;
Begin
Clrscr;
Write (‘SURAKARTA’);
Readln;
End.
Jalankan
dan apa yang terjadi?
Program Contoh_Writeln;
Uses
Crt;
Begin
Clrscr;
Writeln (‘SURAKARTA’);
Readln;
End.
Jalankan dan apa yang terjadi?
Kedua program diatas menghasilkan dua
tampilan yang berbeda yaitu :
SURAKARTA _
Dan
SURAKARTA
_
Kemudian buat program dibawah ini dan
apa hasilnya : ???
Program
Contoh_1;
Uses
Crt;
Begin
Clrscr;
Write (‘Pergi ke Makasar Naik Kapal’);
Writeln (‘Hati-hati jangan terjepit’);
Write (‘Ayo Belajar Bahasa Pascal’);
Writeln (‘Kata Upik Tidaklah Sulit’);
Readln;
End.
- Format write atau writeln
Turbo
pascal menyediakan cara yang mudah untuk menformat tampilan bilangan pada layar
sesuai dengan notasi yang kita pakai sehari-hari. Hal ini sangat penting untuk
memperjelas hasil kelaran dari suatu progra,m, apalagi jika bilang bertipe data
real. Untuk bilang tipe data integer dapat kita tulis dengan format :
Writeln(data:lebar_data);
Dengan
menggunakan format ini maka barisan data yang ingin kita tampilkan akan
ditampilkan dengan rata kanan. Contoh :
Writeln (12356:8);
Writeln (12:8);
Writeln (1235:8);
Hasilnya :
12356
12
1235
Pengaturan yang
sama juga dapat kita lakukan untuk tipe data real. Untuk tipe data real dapat
kita format dengan perintah beikut :
Writeln(data:lebar_data:lebar_desimal);
Contoh :
Writeln(1253.53:5:2);
Contoh :
1253.53
- GotoXY
Fungsi perintah ini adalah untuk
menempatkan kursor pada koordinat tertentu. Sintaks :GotoXY(kolom,baris)
Contoh :
Program
Contoh_2;
Uses
Crt;
begin
Clrscr;
gotoXY(10,10);
writeln(‘I LOVE YOU’);
end.
- Readln
Fungsi ini berarti meminta input
nilai dari keyboard dan berfungsi untuk menghentikan proses eksekusi program
selama belum ada penekanan tombol ENTER.
Contoh :
Program
Contoh_3;
Uses Crt;
Var nama:string[25];
begin
Clrscr;
gotoXY(25,10);
Write('Masukkan Nama Anda :');
readln(nama); {menerima input dari user}
gotoXY(15,15);
Write('Saudara',' ',nama,' ','Anda Memasuki Dunia
Tanpa Batas');
GotoXY(15,17);
Write('Anda Sudah Siap ???');
readln; {berhenti sebentar sampai tekan ENTER}
end.
- TextColor
Fungsi perintah ini adalah untuk
memberi warna pada text.
Sintak: TextColor(Red); atau TextColor(4);
Program Contoh_4;
Uses
Crt;
Var
nama:string[25];
begin
Clrscr;
gotoXY(25,10);
textcolor(3);
Write('Masukkan
Nama Anda :');readln(nama);
gotoXY(15,15);
textcolor(12);
Write('Saudara',' ',nama,' ','Anda Memasuki Dunia
Tanpa Batas');
GotoXY(15,17);
textcolor(13);
Write('Anda
Sudah Siap ???');
readln;
end.
Tabel 3.3 Kode Warna TextColor
Kode
|
Warna
|
Kode
|
Warna
|
0
|
Black
|
8
|
Darkgray
|
1
|
Blue
|
9
|
LightBlue
|
2
|
Green
|
10
|
LightGreen
|
3
|
Cyan
|
11
|
LightCyan
|
4
|
Red
|
12
|
LightRed
|
5
|
Magenta
|
13
|
LightMagenta
|
6
|
Brown
|
14
|
Yellow
|
7
|
Lightgray
|
15
|
White
|
- TextBackground
Fungsi perintah ini adalah untuk
memberi warna latar belakang dari suatu tulisan.
Contoh :
Program
Contoh_5;
Uses Crt;
Var nama:string[25];
begin
Clrscr;
gotoXY(25,10);
textcolor(13);textbackground(1);
Write('Masukkan Nama Anda :');readln(nama);
gotoXY(15,15);
textcolor(12);textbackground(3);
Write('Saudara',' ',nama,' ','Anda Memasuki Dunia
Tanpa Batas');
GotoXY(15,17);
textcolor(14); textbackground(2);
Write('Anda Sudah Siap ???');
readln;
end.
Tabel 3.4 Kode Warna TextBackGround
Kode
|
Warna
|
0
|
Black
|
1
|
Blue
|
2
|
Green
|
3
|
Cyan
|
4
|
Red
|
5
|
Magenta
|
6
|
Brown
|
7
|
lightgray
|
- DelLine
Digunakan untuk menghapus satu baris
pada layar pada posisi kursor.
- InsLine
Digunakan untuk menyisipkan satu
baris kosong pada posisi kursor.
- Readkey
Digunakan untuk membaca sebuah
karakter yang diketikkan, bisa juga menghentikan sementara sampai tekan
sembarang karakter.
- KeyPressed
Bertujuan untuk memeriksa apakah
telah dilakukan penekanan terhadap tombol tertentu.
- Sound
Bertujuan untuk membuat Suara
Contoh :
Program
Contoh_Suara;
Uses Crt;
Var j :integer;
begin
Clrscr;
gotoXY(25,10);
textcolor(14);
Write('Anda
Sudah Siap ???');
j:=10;
textAttr:=7;
textcolor(14);gotoxy(15,20);
Write('Tekan
Sembarang Tombol untuk keluar....');
while not
keypressed do
begin
sound(j*10);sound(j+10*10);
sound(j+20*10);delay(30);
j:=j+10;
if j>=300
then j:=10;
end;
NoSound;
readln;
end.
Komentar
Program
yang kita buat, bukan hanya dibaca oleh komputer melainkan bisa juga dibaca
oleh orang lain. Karena itu, kejelasan program menjadi satu hal yang penting
agar program bapat dimengerti oleh orang lain atau pemrogram itu sendiri. Kejelasan program akan menolong anda jika
suatu saat anda lupa apa maksud program yang telah anda buat. Untuk memberikan
kejelasan program yang anda buat, anda dapat menambahkan komentar atau
keterangan.
Komentar
adalah suatu tulisan pada program yang tidak berarti apa-apa pada komputer
tetapi sangat berguna bagi orang karena berfungsi sebagai dokumentasi. Komentar
dalam pascal biasa diletakan diantara kurung kurawal {komentar} atau dengan
tanda (*Komentar*).
Contoh :
{------------ Menulis Program Pascal ------------}
{Program ini adalah contoh program pascal sederhana}
{Oleh : }
{NIM : 080101001}
{Nama : Abram}
Semoga Bermanfaat
referensi :
Abdul Kadir, 2004, Pemrograman Pascal, Edisi I, Penerbit
Andi, Yogyakarta
Budi Raharjo, 2005, Teknik Pemrograman Pascal, Informatika,
Bandung
tot
BalasHapusmas bisa bikin bentuk persegi panjang dengan gotoxy pascal gk? dengan memakai tanda | untuk membntuk persgi panjang
BalasHapusTerimakasih atas infonnya sangat bermanfaat :) jangan lupa kunjungi juga web saya :
BalasHapushttp://salmantkj48.blogspot.co.id/2016/11/mengenal-pascal-bahasa-pemograman.html
Makasii kakk:*
BalasHapus